Perencanaan Pengembangan Industri Skala Kecil Fillet Ikan Tuna (Tunnus sp) di Kabupaten Manokwari

  • Ngaliman . Alumni Jurusan Teknologi Pertanian, Universitas Papua
  • Fitryanti Pakiding Jurusan Teknologi Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Papua
  • Isak Silamba Jurusan Teknologi Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Papua

Abstract

Walaupun teknologi pengolahan produk perikanan sudah sangat berkembang, akan tetapi, sampai saat ini industri pengolahan ikan di Kabupaten Manokwari, belum berkembang. Salah satu penyebab kurang berkembangnya industri perikanan adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan mengelola usaha termasuk pendirian usaha pengolahan produk perikanan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kelayakan pendirian industri fillet ikan tuna di Kabupaten Manokwari. Secara khusus kajian kelayakan ini meliputi aspek: teknis dan teknologi, pasar dan pemasaran, dan finansial. Aspek kelayakan teknis dan teknologi serta pasar dan pemasaran dikaji menggunakan metode deskriptif, sedangkan aspek finansial dikaji menggunakan indikator finansial seperti IRR, NPV, dan Rasio B/C. Hasil analisa menunjukkan bahwa industri kecil fillet ikan tuna layak didirikan di Kabupaten Manokwari dengan memperhatikan aspek teknis dan teknologi yang mengefisienkan proses produksi dengan sasaran pasar adalah pasar ekspor melalui kota-kota besar di Indonesia. Secara finansial, industri ini layak beroperasi dalam masa waktu investasi 3 tahun; nilai payback 2 tahun 7 bulan; nilai IRR yang lebih besar dari suku bunga investasi; dan NPV lebih besar dari nol; dan B/C ratio sebesar 1,15. Analisis sensitivitas yang dilakukan menunjukkan bahwa industri ini akan tetap layak secara finansial untuk didirikan apabila terjadi perubahan harga bahan baku sebesar 20% dan penurunan harga produk sebesar 10%.

References

Agustini, T. W., dan F, Swastawati. 2003. Pemanfaatan Hasil Perikanan Sebagai Produk Bernilai Tambah (Value-Added) dalam Upaya Penganekaragaman Pangan. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, Vol XIV (1): 74-81
Ahmadia, G.N., L. Glew, F. Pakiding, J. Harris, N. Hidayat, E. Ihsan, W. Mangile, M. Mascia, D. Matualage, P. Mohebalian, D. Pada, Purwanto. State of the Bird’s Head Seascape MPA Netwrk, 2016. World Wildlife Fund, Conservation International, The Nature Conservancy, and Universitas Papua, Washington D.C., United States, Jakarta, Indonesia, and Manokwari, Indonesia.
Atase Perdagangan London, Kedutaan Besar Indonesia di Inggris. 2015. Ikan Tuna dan Produk Olahan Tuna (Market Brief). London, Inggris.
Badan Pusat Statistik (BPSa). 2018. Provinsi Papua Barat dalam Angka. BPS Provinsi Papua Barat. Manokwari, Indonesia.
Badan Pusat Statistik (BPSb). 2018. Kabupaten Manokwari dalam Angka. BPS Kabupaten Manokwari. Manokwari, Indonesia
Bank Indonesia (BI). 2014. Komoditas Produk Jenis Usaha Unggulan di Provinsi Papua Barat. Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua dan Papua Barat. Jayapura, Indonesia.
Hendrawati, T.Y. 2011. Analisis Kelayakan Industri Alkali Treated Cotonii Chips (ATC Chips) dari Rumput Laut Jenis Euchema cotonii. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2014, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, 12 November 2014: 1-7
Kasmir dan Jakfar. 2005 .Studi Kelayakan Bisnis. Kencana. Jakarta.

Machmud dan Yudha Agung. 1990. Perancangan Tata Letak pada Industri Pangan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Pusat Antar Universitas Pangan dan Gizi, Institut Pertanian Bogor. Bogor. Indonesia.
Martha, R. 2006. Analisa Kelayakan Industri Fillet Ikan Patin Beku (Pangasius hypophthalmus) di Kabupaten Bogor (Skripsi). Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor, Indonesia.
Ningsih, R.S., A.K. Mudzakir, dan A. Rosyid. 2013. Analisis Kelayakan Finansial Usaha Perikanan Payang Jabur (Boat seine). Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, Vol. 2 (3): 223-232.
Novia, C. 2011. Kajian Kelayakan Teknis dan Finansial Produksi Nugget Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) Rasa Ikan Tongkol (Euthynus aletrates) Skala Industri Kecil. Jurnal Teknologi Pangan, Vol 2(1): 31-49.
Subagyo, A. 2007. Studi Kelayakan. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
Statistik Abstract view : 42 times
Statistik PDF Views : 89 times
Published
2018-12-24
How to Cite
., Ngaliman; PAKIDING, Fitryanti; SILAMBA, Isak. Perencanaan Pengembangan Industri Skala Kecil Fillet Ikan Tuna (Tunnus sp) di Kabupaten Manokwari. Agritechnology, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 84-93, dec. 2018. ISSN 2620-4738. Available at: <https://journal.fateta.unipa.ac.id/index.php/agritechnology/article/view/21>. Date accessed: 08 aug. 2020.