Author Guidelines

Panduan Penulisan

Persyaratan format naskah yang dikirimkan kepada redaksi Agritechnology: Jurnal Teknologi Pertanian:

  • Naskah ilmiah berupa hasil penelitian atau review jurnal  yang terkait dengan bidang teknologi pertanian secara umum yang belum pernah diterbitkan;
  • Naskah ilmiah diketik menggunakan MS Word, spasi 1 ½, 12 pt Times New Roman; dalam 1 kolom;
  • Naskah ilmiah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang baik;
  • Naskah diketik pada kertas ukuran A4 dengan banyak halaman maksimal 15 halaman termasuk gambar, table, dan grafik.

Naskah harus diatur dalam urutan berikut :

JUDUL: harus singkat, informatif dan menunjukkan poin utama dari makalah, maksimum 20 kata.

NAMA PENULIS: nama penulis harus lengkap tetapi tanpa gelar apa pun disertai dengan alamat afiliasi. Penulis korespondensi harus menyediakan dan menggunakan alamat e-mail yang jelas.

ABSTRAK: diperlukan abstrak yang singkat dan faktual. Abstrak harus menyatakan secara singkat tujuan penelitian, hasil utama dan kesimpulan utama. Abstrak sering disajikan secara terpisah dari artikel, jadi harus bisa berdiri sendiri. Singkatan yang tidak standar harus dihindari, namun jika singkatan tersebut merupakan hal yang penting maka harus didefinisikan terlebih dahulu pada penyebutan pertama dalam abstrak. Abstrak tidak boleh melebihi 200 kata dan dibangun dalam 1 paragraf yang ditulis dalam dua bahasa: bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

KATA KUNCI: harus dituliskan di bawah abstrak untuk membantu pencarian elektronik. Jumlah kata sebanyak 4-6 kata.

PENDAHULUAN: bagian Pendahuluan harus menjelaskan Latar belakang dilakukannya penelitian, tujuan dilakukannya penelitian, ringkasan dari literatur pendukung yang digunakan, dan penjelsan pentingnya penelitian yang dilakukan.

METODOLOGI: bagian metode harus mencakup deskripsi yang jelas tentang semua bahan, alat, proses dan metode khusu yang digunakan dalam penelitian.

HASIL DAN PEMBAHASAN: pada bagian ini harus diuraikan semua hasil, ilustrasi besarta uraian tentang interpretasi, generalisasi, dan implikasi, serta relevansinya dengan hasil penelitian lain yang menjadi rujukan.

KESIMPULAN: harus menyatakan dengan jelas esensi hasil penelitian berdasarkan fakta yang diperoleh. Kesimpulan harus ditulis secara ringkas dalam satu paragraf.


UCAPAN TERIMA KASIH: menuliskan pihak-pihak yang berkontribusi terhadap penelitian atau artikel (selain penulis) termasuk mereka yang menyediakan layanan profesional dalam penulisan artikel. Penulis harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari pihak-pihak yang disebutkan pada bagian ini

REFERENSI

  • Pastikan bahwa setiap referensi yang dikutip dalam teks juga ada dalam daftar referensi (dan sebaliknya). Hasil penelitian yang tidak dipublikasikan dan komunikasi pribadi tidak disarankan untuk dijadikan referensi.
  • Perujukan dalam teks dengan Daftar Pustaka harus konsisten, baik tentang nama penulis maupun tahun penerbitan.
  • Disusun berdasarkan Abjad (A-Z)

Jurnal (cetak):

Cepeda, G.N., M.M. Lisangan, I. Silamba dan E. Sartika. 2016. Aktivitas Anti Mikrobakteria Etil Asetat Kulit Kayu Akway (Drimys piperita Hook f.) Dalam Kaldu Daging Sapi Selama Penyimpanan. Jurnal Teknologi Industri Pertanian. Vol.26 (1): 41-48.

Sarungallo, Z.L.,Murtiningrum, B. Santoso, M.K. Roreng and R.M.M Latumahina. 2016. Nutrient Content of Three Clones of Red Fruit (Pandanus conoideus) During the Maturity Development. International Food Research Journal. 23 (3): 1217-1225.

Jurnal (elektronik):

Gultom, S.O. and B. Hu. 2013. Review of Microalgae Harvesting via Co-Pelletization with Filamentous Fungus. Energies. 6: 5921-5939. Doi: 10.3390/en6115921.

Prosiding:

Fukuda, T.,Y. Nakano, Kuroda, S. Takeuchi, B.I.Setiawan, A. Sapei and F. Nurrochmad.2001.Water manajemen and water quality of paddyarea in Cidanau watershed at West Java.  Proceedings of the 1st Seminar: Toward Harmonization between Development and Environmental Conservation in Biological Production, Tokyo, February 21-23, 2001. p 201-205.

Buku:

Morga, R.P.C.1996. Soil Erosion and Conservation. 2ndEd. Longman. Harlow

Baker R.W. 2004. Membran Technology and Application. 2nd ed. John Wiley & Sons, Ltd. West Sussex.

Bab dalam buku:

Howell, T.A., F.K. Alijiburi, H.M. Gitlin, I. Pai Wu, A.W. Warrick and P.A.C. Raats. 1980. Design and operation of trickle (drip) irrigation. Di dalam Jensen, M.E.(ed.). Design and Operation of Farm Irrigation System. ASAE. Michigan.  p 663-717.

White, P.J. and Tziotis, A. 2004. New Corn Starch. Di dalam Elliason A.C.(ed.). Starch in Food: Stucture, function and application . CRC Press. Michigan. P295-320.

Skripsi/Tesisi/Disertasi :

Saragih, K.B. 2002. Pengaruh Beberapa Jenis Kemasan Terhadap Umur Simpan Produk Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) Asap Asal Kota Manokwari. (Skripsi). Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian, UNIPA: Universitas Papua. Manokwari.

Arifanto, T. 2002. Teknik perbaikan filter fisik dan filter kimia pada sistem resirkulasi pembenihan ikan patin. (Skripsi). Departemen Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian, IPB: Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Paten :

Robinson, J.M. 2010. Methods of Digesting Cellulose to Glucose Using Slats and Microwave (muwave) Energy. US Patent No: US2010/0044210 A1.

TABEL & GAMBAR

Tabel dan gambar ditulis atau disatukan dalam teks artikel. Gambar dibuat hitam putih (B/W) atau greyscale yang disatukan dalam teks artikel. Format gambar dalam bertuk .jpg, .gif atau .png.